Lomba Kesa Tingkat Kota Tasikmalaya Tahun 2021

Administrasi Kependudukan menjadi suatu permasalahan klasik di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Tanpa adanya pengelolaan dan tindakan luar biasa didukung inovasi yang kreatif, volume Kependudukan yang terus berkembang dari waktu ke waktu akan menjadi suatu masalah besar bagi perkembangan kota itu sendiri.

Kota Tasikmalaya sebagai salah satu kota yang berkembang pesat di Jawa Barat juga mengalami permasalahan serupa, misal Mindset masyarakat perkotaan yang beranggapan bahwa Kependudukan sebagai sumber permasalahan keberadaannya, belum paham dan sadarnya  masyarakat terhadap arti dan pentingnya dari Administrasi Kependudukan, perilaku (budaya) hidup masyarakat perkotaan yang materialistis, ingin mudah serta menyepelekan administrasi kependudukan tidak mau melalui proses tertib administrasi kependudukan, dan lain sebagainya.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan, pada tahun 2021 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya menyelenggarakan Lomba Kelurahan Sadar Administrasi Kependudukan (KESA) dimana lomba ini sebagai tindak lanjut dari program KESA tahun tahun sebelumnya.

Maksud dari lomba KESA ini adalah untuk memberikan pelayanan secara profesional kepada masyarakat, optimalisasi administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, dan meningkatkan pelayanan kebutuhan masyarakat dalam memiliki data kependudukan yang akurat dan akuntabel sehingga masyarakat akan mudah dalam mengakses layanan publik, baik di bidang pendidikan, kesehatan, dan sebagainya, yang pada akhirnya bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kepemilikan dan kemutakhiran data kependudukan.

Lomba KESA diikuti oleh 1 (satu) perwakilan Kelurahan dari masing-masing Kecamatan, diantaranya:

  • Kelurahan Cilembang Kecamatan Cihideung;
  • Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes;
  • Kelurahan Empangsari Kecamatan Tawang;
  • Kelurahan Panyingkiran Kecamatan Indihiang;
  • Kelurahan Gunung Gede Kecamatan Kawalu;
  • Kelurahan Setianagara Kecamatan Cibeureum;
  • Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari;
  • Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi;
  • Kelurahan Sukarindik Kecamatan Bungursari; dan
  • Kelurahan Sukanagara Kecamatan Purbaratu.

Dari segi penilaian, lomba KESA menilai 2 aspek penting, yaitu dari segi kepemerintahan Kelurahannya dan dari segi administrasi kependudukannya. yang disertai dengan beberapa parameter penilaian yaitu sisi kebijakan, personil, sarana kerja, prosedur, pencatatan dan pelaporan.

Adapun personil yang diberi kewenangan dalam penilaian tersebut yaitu dari Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum, Bagian Organisasi dan Badan Kepegawaian. penilaian lomba KESA dilaksanakan dari penilaian awal pada bulan April sedangkan penilaian akhir pada bulan Juni 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published.