DOOR TO DOOR LAYANAN AKTIVASI KTP DIGITAL

Tasikmalaya, di tengah keadaan yang serba digital saat ini, seluruh pelayanan publik dituntut untuk menyesuaikan dengan perkembangan tersebut, sebelum ke pelayanan publik secara umum, terdapat pelayanan yang bersifat esensial yang harus terlebih dahulu dipenuhi oleh setiap warga masyarakat, yaitu Data Kependudukan. Terkait kepengurusan data kependudukan, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya membuat terobosan dalam menanggapi kemajuan teknologi saat ini. Adapun langkah-langkah yang diambil adalah membuat dokumen kependudukan dalam hal ini Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Biodata WNI dan Kartu Identitas Anak dalam bentuk digital yang dipadukan dalam satu aplikasi “Identitas Kependudukan Digital”.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya merespon cepat dengan langsung melakukan langkah-langkah konkret agar warga masyarakat yang sudah melakukakan perekaman dan wajib KTP-el, bisa aktivasi KTP Digital diantaranya melakukan layanan aktivasi KTP Digital secara door to door. Dalam rentang waktu 2 Januari – 10 Januari 2023 Disdukcapil membentuk tim khusus untuk melakukan layanan ke lapangan. Berikut hasil dari layanan door to door aktivasi KTP Digital: 

  1. Badan Pendapatan Daerah Kota Tasikmalaya

      2. Universitas Siliwangi

      3. Kejaksaan Negeri

      4. Bank Mandiri Taspen

       5. Samsat

       6. Dinas Tenaga Kerja

        7. Puskesmas Bantarsari

8. Satpol PP