Penghargaan “Dukcapil BISA”

Pada hari Selasa tanggal 30 Maret 2021, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya telah berhasil memberikan prestasi atas kerja terbaik, dedikasi yang tinggi, komitmen yang kuat, dan konsisten dalam mengemban dan menjalankan tugas dalam memberikan Pelayanan Administrasi Kependudukan Tahun 2020, sehingga mendapatkan Penghargaan Kategori “DISDUKCAPIL BISA” oleh Menteri Dalam Negeri pada acara Rakornas secara daring lewat aplikasi Zoom dan disiarkan live streaming di situs berbagi video Youtube ini dihadiri oleh seluruh insan Dukcapil se-Indonesia, mulai dari aparatur Dukcapil pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Menteri Dalam Negeri HM Tito Karnavian menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kinerja dan inovasi kreatif yang telah banyak dimunculkan, baik oleh Dukcapil pusat maupun daerah.

“Apresiasi yang tinggi atas terobosan-terobosan kreatif yang membuat layanan publik di bidang kedukcapilan itu mendapatkan apresiasi baik dari pemerintah, media, maupun masyarakat. Di antaranya adalah terobosan bagaimana masyarakat bisa mengurus dokumen kependudukan secara online,” kata Mendagri Tito dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2021 bertema “Kontribusi Dukcapil Dalam Mendukung Vaksinasi Covid-19 dan Penanganan Stunting Guna Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat”, di Jakarta, Selasa (30/3/2021).

Mendagri Tito juga berkesempatan untuk memberikan penghargaan kepada 39 Dinas Dukcapil kabupaten/kota yang memberikan pelayanan Adminduk terbaik.

“Ke-39 Disdukcapil kabupaten/kota tersebut terbagi dalam empat kategori, yaitu 10 Disdukcapil kabupaten/kota penduduk terbesar, sedang, terkecil, dan 9 Disdukcapil kabupaten/kota wilayah afirmasi,” ungkap Dirjen Zudan Arif Fakrulloh.

Penghargaan kategori “Dukcapil Bisa” berupa 1 unit Anjungan Dukcapil Mandiri diserahkan secara simbolis oleh Mendagri Tito Karnavian didampingi oleh Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh kepada 5 perwakilan penerima.

Kategori Penduduk Sedang diterima 10 Dinas Dukcapil: Kabupaten Grobogan, Sleman, Bantul, Buleleng, Gunung Kidul, Madiun, Kota Tangerang Selatan, Kota Tasikmalaya, dan Denpasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *